LITERASI DIGITAL - Blog Pendidik | SMK Letris Indonesia

LITERASI DIGITAL

Microsoft Office adalah paket aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh perusahaan bernama microsoft, aplikasi yang akan dipelajari adalah:
1. Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata
2. Microsoft Excell sebagai aplikasi pengolah data
3. Microsoft Powerpoint sebagai aplikasi pengolah presentasi

1. Microsoft Word
Microsoft Word adalah alat pengolah kata untuk membuat berbagai jenis dokumen yang digunakan dalam lingkungan kerja dan sekolah. Munculnya Microsoft Word 2016 mirip dengan Word 2010 dan Word 2013, tetapi dengan fitur yang lebih ditingkatkan.

2. Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah program bagian dari paket Microsoft Office untuk mengolah data dalam format baris dan kolom.

3. Microsoft Powerpoint
Microsoft Powerpoint adalah salah satu program aplikasi komputer pengolah presentasi yang merupakan bagian dari paket aplikasi Microsoft Office. Dengan Microsoft Powerpoint Saudara dapat membuat presentasi dinamis yang dapat berisi teks, gambar, animasi, dan video.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang demikian pesat secara tidak langsung telah mempengaruhi segala aktifitas kehidupan manusia. Penggunaan teknologi tersebut secara perlahan telah merubah cara orang untuk melakukan aktifitasnya. Termasuk didalamnya cara orang berkomunikasi, baik komunikasi secara personal maupun kelompok. Teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media atau saluran untuk menyampaikan informasi atau pesan secara digital tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Salah satu contoh media atau saluran berbasis teknologi yang dapat di manfaatkan sebagai media komunikasi dan bertukar data adalah email atau electronic mail.
Sesuai dengan namanya, email atau electronic mail merupakan jenis layanan bermedia internet yang digunakan untuk mengirimkan data secara digital, baik berupa text, gambar, video dan suara. Perkembangan teknologi internet statis 1.0 menuju dinamis 2.0 mendorong penyedia layanan email untuk menyediakan berbagai fasilitas email yang semakin memudahkan penggunanya. Lebih menariknya lagi, banyak penyedia layanan email tersebut menggratiskan layanan email kepada pengguna. Berikut beberapa contoh layanan email yang dapat dimanfaatkan secara gratis.

Salah satu contoh media atau saluran berbasis teknologi yang dapat di manfaatkan sebagai media komunikasi dan bertukar data adalah email atau electronic mail. Email atau electronic mail merupakan jenis layanan bermedia internet yang digunakan untuk mengirimkan data secara digital, baik berupa text, gambar, video dan suara.
Google Drive merupakan fasilitas google yang berfungsi untuk menyimpan file seperti video, foto, dan dokumen secara online. Manfaat yang diperoleh saat menggunakan Google Drive, yaitu: 1) aman menyimpan file dan mengaksesnya dari mana pun, 2) dapat mencari file dengan cepat menurut nama dan konten, 3) mudah membagikan file dan folder kepada orang lain, 4) cepat melihat konten yang tersimpan, 5) dapat menyetel level akses untuk menentukan siapa yang dapat melihat, mengomentari, atau mengedit, 6) dapat dengan cepat mengakses file terbaru, 7) Mudah melihat detail dan aktivitas file.

Jenis-jenis Sumber Belajar Digital
Berbagai jenis sumber belajar digital dapat dijumpai di internet. Jenis-jenis sumber belajar digital antara lain:
a. E-book 
Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar.File E-book biasanya berbentuk Pdf dan untuk dapat membuka biasanya diperlukan aplikasi khusus untuk membaca E-book. Sekarang ini E-book dapat dengan mudah dibuka melalui perangkat elektronik seperti laptop, tablet dan ponsel.
b. Video
Video merupakan sumber belajar digital. Melaui video, Saudara dapat memperoleh pengalaman lebih nyata dalam proses belajar karena video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat dan dapat disaksikan secara berulang-ulang jika dibutuhkan.
c. Animasi 
Animasi merupakan kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan. Salah satu keunggulan animasi adalah kemampuannya untuk menjelaskan suatu kejadian secara sistematis dalam tiap waktu perubahan. Hal ini sangat membantu dalam menjelaskan prosedur dan urutan kejadian yang lebih detil sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam proses pembelajaran.
d. Multimedia interaktif
Multimedia interaktif merupakan bahan ajar digital yang terdiri dari berbagai macam media mulai gambar, animasi, teks, video dan audio yang dirancang menjadi satu kesatuan bertujuan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Multimedia interaktif dirancang dengan menu-menu yang memudahkan pengguna untuk belajar dari materi yang disajikan.
e. Media Presentasi
Hampir sama dengan multimedia interaktif, media presentasi merupakan sumber belajar digital yang dirancang untuk menyajikan berbagai macam informasi dan materi pembelajaran yang dapat digunakan melalui perangkat elektronik. Media presentasi yang umum digunakan adalah Powerpoint.

Mencari Sumber Belajar Digital di Internet
Beragam sumber belajar banyak dijumpai di Internet. Informasi yang berlimpah kadang membuat pengguna kesulitan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Untuk itu perlu diketahui bagaimana cara mencari sumber belajar digital dengan pencarian yang efektif dan sesuai kebutuhan.

Berikut beberapa tips untuk pencarian spesifik di mesin pencari, yaitu:
- site: digunakan untuk pencarian khusus dalam sebuah situs yang dituju. Contoh site:detik.com inflasi
- filetype: digunakan untuk mencari file dengan format file ekstensi tertentu dengan kata kunci. Contoh format file ekstensi doc, xls, ppt, pdf, mdb, txt, dan sebagainya. Misalkan, kita ingin mencari file PDF contoh Sumber belajar digital filetype:PDF
- link: digunakan untuk mengetahui link yang menuju ke website yang dituju. contoh: link: belajar.kemdikbud.go.id
- related: digunakan mencari situs-situs yang berkaitan dengan situs yang dicari. contoh: related:tokopedia.com
- cache: digunakan untuk menampilkan hasil pencarian tidak aktif lagi yang pernah terindeks oleh Google. contoh: obama cache:wikileaks.org
- intitle: Menampilkan satu kata yang dicari dalam judul halaman. contoh intitle:digital
- allintitle: Google akan menampilkan semua URL website yang memiliki Judul (Title) yang mengandung kata kunci yang dicari. Contoh allintitle:buku digital
- inurl: Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata khusus dan isi halaman yang mengandung kata web. contoh inurl:animasi
- allinurl: Google akan menampilkan seluruh website yang memiliki kata kunci dalam URLnya. Contoh: allinurl:media video

Pencarian Basic menggunakan operator misalkan
- AND : untuk mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Cara penulisan: animasi+pembelajaran, animasi and pembelajaran, animasi pembelajaran
- OR : untuk mencari informasi yang mengandung salah satu dari dua kata yang dicari. Cara penulisan: sparing or training, sparing|training
- FRASE : metode pencarian berdasarkan frase atau kumpulan kata tertentu. Cakupan lebih exact (pasti) Contoh: “media pembelajaran”. Maka Saudara akan mendapatkan hasil pencarian
- NOT (-) contoh teknologi -pembelajaran akan melakukan pencarian frase kata kunci khusus dan
- I’M FEELING LUCKY: Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita

Dalam era global saat ini, pembelajaran dilakukan secara lebih modern dengan pendekatan teknologi sehingga lebih mudah dilakukan. Sumber-sumber belajar dalam berbagai bentuk seperti e-book, video, animasi, multi media interaktif, maupun media presentasi.
Ada dua acara untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar digital yaitu secara online (dalam jaringan) dan offline (luar jaringan). Secara online dilakukan dengan memanfaatkan mesin pencari atau search enggine seperti Google.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done