Tips menghindari petir dari BMKG

Memasuki penghujung tahun ini, sebagian besar wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan. Di musim penghuja...



Memasuki penghujung tahun ini, sebagian besar wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan.
Di musim penghujan, Anda harus mewaspadai potensi hujan lebat yang adakalanya juga disertai oleh petir dan angin kencang. Hujan yang disertai petir cukup berbahaya karena bisa menyebabkan kematian bila tersambar.
Melalui akun sosial medianya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun membagikan sejumlah tips menghindari petir yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan diri.

1. Segera masuk ruangan saat mendengar guntur

Ketika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan dan tiba-tiba mendengar guntur, segeralah mencari tempat perlindungan. Tempat yang paling aman agar terhindar dari sambaran petir adalah masuk ke dalam ruangan. Selain ruangan, Anda juga bisa berlindung di dalam mobil.

2. Jauhkan diri dari kolam renang

Saat hujan disertai petir, sebaiknya Anda tidak berenang atau berada di dalam kolam renang. Jika Anda sedang berada di dalam kolam renang, segeralah naik dan menjauh. Berada di dalam kolam renang berbahaya karena petir dapat menghantarkan energi ke air.

3. Jangan berteduh di bawah pohon

Jangan sekali-sekali berlindung di bawah pohon ketika hujan disertai petir. Berteduh di bawah pohon justru berbahaya karena pohon yang tersambar petir energinya dapat melompat ke tubuh.

4. Jauhi sesuatu yang tinggi

Petir cenderung memilih obyek yang tinggi sebagai obyek sambarannya. Obyek tinggi bisa berupa tiang listrik, menara, atau pohon. Jadi sebaiknya jauhkan diri dari obyek-obyek tinggi saat melihat kilatan-kilatan petir.

5. Hindari tanah lapang

Saat Anda sedang melakukan aktivitas di sawah, lapangan, atau taman, segeralah mencari tempat berlindung jika terjadi hujan beserta petir. Petir selalu mencari tanah untuk melepaskan energinya. Akan sangat berbahaya bila Anda tidak segera mencari tempat berlindung.

6. Jangan naik sepeda motor

Jika Anda sedang berkendara dengan sepeda motor, lalu tiba-tiba hujan dan terjadi petir, jangan memaksakan diri untuk terus berkendara. Segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung.

7. Beri jarak dengan orang lain

Jika Anda sedang berteduh dari hujan yang disertai petir di luar ruangan, ternyata kita tidak dianjurkan untuk berdiri terlalu dekat dengan orang lain. Sebaiknya atur jarak sekitar 3-5 meter dengan orang lain agar terhindar dari energi saat ada petir.

COMMENTS

Name

BMKG,1,Guru,3,Industry 4.0,1,Kompetensi,1,OSIS,1,pendidikan,4,RPP,1,Siswa,1,smk letris indonesia,7,struktur organisasi,1,Tips,2,vocabulary,1,
ltr
item
Blog Pendidik | SMK Letris Indonesia: Tips menghindari petir dari BMKG
Tips menghindari petir dari BMKG
https://lh3.googleusercontent.com/-cRDO-Ro1w1U/XfX64FnwKNI/AAAAAAAAAR4/BXcDOmYifVAHN1v58j6OQQhKP1bzxScggCLcBGAsYHQ/s1600/1576401629572212-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-cRDO-Ro1w1U/XfX64FnwKNI/AAAAAAAAAR4/BXcDOmYifVAHN1v58j6OQQhKP1bzxScggCLcBGAsYHQ/s72-c/1576401629572212-0.png
Blog Pendidik | SMK Letris Indonesia
https://blog.abdulharis.com/2019/12/tips-menghindari-petir-dari-bmkg.html
https://blog.abdulharis.com/
https://blog.abdulharis.com/
https://blog.abdulharis.com/2019/12/tips-menghindari-petir-dari-bmkg.html
true
961733882637294132
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL REKOMENDASI LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content