7 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

1. Buat konten berkualitas Cara mendapatkan backlink berkualitas paling penting dan pertama yang harus kamu perhatikan adalah dengan membuat...

How to Get Quality Backlinks to Your Site - Crank Digital

1. Buat konten berkualitas

Cara mendapatkan backlink berkualitas paling penting dan pertama yang harus kamu perhatikan adalah dengan membuat konten yang bernilai dan berkualitas tinggi. Ini akan memberi cerminan atas brand kamu secara keseluruhan yang lebih baik.

Bila laman situs kamu terlihat berkualitas rendah dan tidak memiliki informasi yang berharga maka situs lain juga tidak akan melihat kamu sebagai brand dengan otoritas yang layak ditautkan di situs mereka.

2. Guest blogging

Guest posting atau guest blogging adalah praktik membuat konten gratis ke situs atau blog lain dengan imbalan berupa link kembali ke situs kamu. Link ini dapat ditempatkan di bagian bio penulis atau digunakan untuk mengutip informasi yang ada di dalam konten.

Metode ini menjadi salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas yang populer karena sama-sama akan menguntungkan dua pihak.

Untuk melakukan metode ini pertama-tama identifikasi situs yang sesuai niche kamu di mana kamu dapat berkontribusi. Selain situs editorial, kamu dapat menemukan opsi lain dengan melihat guest blogging yang dilakukan oleh kompetitor kamu.

Cobalah buka Google dan ketikan niche kamu disertai dengan kata "blog" di bagian akhir. Dari sini klik dan tentukan blog mana yang sesuai dan ingin kamu jadikan media guest blogging untuk mendapatkan backlink ke situs kamu.

3. Buat skyscraper content

Buatlah skyscraper content dengan menemukan konten yang sudah bagus dan membuatnya semakin bagus lagi. Konsep ini diperkenalkan oleh Brian Dean dari Backlinko dan bisa menjadi cara mendapatkan backlink berkualitas yang dapat kamu pertimbangkan.

Untuk membuat skyscrapper content, pertama-tama temukan konten di dalam industri kamu yang memiliki performa baik dalam hal links. ​​​​​​​Ini dapat kamu lakukan dengan melakukan pencarian Google sederhana dengan mengetikkan kata kunci kamu lalu lihatlah hasil di halaman pertama pencarian.

Langkah selanjutnya, buatlah konten yang lima hingga sepuluh kali lebih baik dari apa yang kamu temukan tersebut. Misalnya, jika di halaman pertama mesin pencarian banyak situs membahas hanya 5 tools SEO, maka kamu bisa membuat konten yang menjelaskan semua tools SEO yang ada. Atau buatlah konten yang menjelaskan hal-hal yang belum dijelaskan secara lengkap pada artikel-artikel tersebut.

Terakhir, promosikan konten kamu tersebut secara aktif, dengan begitu artikel kamu akan berpeluang besar untuk lebih banyak dibagikan di media sosial dan mendapatkan backlink dari banyak situs lainnya.

4. Buat konten yang terbukti menghasilkan backlink

Buatlah konten yang berkualitas dengan format yang terbukti menghasilkan lebih banyak backlink berkualitas. Ada beberapa jenis format konten yang terbukti cenderung memiliki kinerja lebih bagus untuk mendapatkan banyak backlink.

Beberapa format konten tersebut seperti: Listicle, kuis, infografik, video, konten tips atau "How to", serta konten berupa penjelasan akan suatu hal atau "Why" content.

5. Buat konten tentang panduan utama

Cara mendapatkan backlink berkualitas lainnya adalah dengan membuat konten berupa panduan utama. Konten seperti ini cenderung panjang dan komprehensif. Studi menyebutkan bahwa konten yang panjang cenderung memiliki kinerja yang lebih baik di Google dibanding artikel pendek.

Selain itu bentuk konten berupa panduan juga biasanya menjadi sumber tentang suatu topik yang digunakan oleh orang-orang ketika menuliskan topik tersebut di blog mereka.

Untuk membuat konten berbentuk panduan utama pilihlah topik populer yang belum dibahas tuntas. Lalu, buatlah outline dengan menuliskan daftar subtopik yang membentuk topik kamu menjadi lebih lengkap dan luas. Terakhir, tulislah konten tersebut.

6. Gunakan strategi dan teknik branded

Brian Dean dari backlinko pernah membuat strategi bernama Moving Man method untuk menjelaskan strategi membangun link dari sumber yang sudah ketinggalan zaman.

Pemberian nama tersebut ia lakukan agar orang-orang mudah ingat pada strategi yang ia rancang. Strategi unik tersebut akhirnya sering digunakan oleh orang-orang dalam situs mereka dan pada akhirnya memberi backlink ke konten Brian Dean yang menjelaskan Moving Man Method tersebut.

Kamu pun dapat meniru cara ini. Buatlah strategi, tips, pendekatan atau teknik tertentu yang memiliki keunikan tertentu.
Selanjutnya, beri nama strategi tersebut lalu publikasikan strategi tersebut sebagai bagian dari postingan blog kamu. Dengan begitu orang-orang bisa membuat tautan ke postingan kamu tersebut ketika mereka membahas teknik atau strategi unik kamu tadi.

7. Ubah brand mentions menjadi backlink berkualitas

Jika ada orang yang menyebutkan kamu di dalam postingan konten mereka tapi tidak memberikan tautan ke situs kamu, maka itu dapat disebut sebagai unlinked brand mention. Gunakan ini untuk membuka peluang bagi kamu mendapatkan backlink berkualitas.

Kirimkan email yang mengucapkan rasa terimakasih karena telah menyebutkan nama brand kamu dalam postingan mereka. Lalu, berikan saran agar mereka dapat memasang tautan ke situs kamu. Dengan begitu pembaca mereka dapat dengan mudah menemukan postingan yang dimaksud dalam situs kamu.

COMMENTS

Name

BMKG,1,Guru,3,Industry 4.0,1,Kompetensi,1,OSIS,1,pendidikan,4,RPP,1,Siswa,1,smk letris indonesia,7,struktur organisasi,1,Tips,2,vocabulary,1,
ltr
item
Blog Pendidik | SMK Letris Indonesia: 7 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
7 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
https://crankdigital.com.ng/wp-content/uploads/2019/12/get-quality-backlinks-1080x675.jpg
Blog Pendidik | SMK Letris Indonesia
https://blog.abdulharis.com/2020/09/7-cara-mendapatkan-backlink-berkualitas.html
https://blog.abdulharis.com/
https://blog.abdulharis.com/
https://blog.abdulharis.com/2020/09/7-cara-mendapatkan-backlink-berkualitas.html
true
961733882637294132
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL REKOMENDASI LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content