Pengaruh Backlink terhadap SEO

SEO sebagai kependekan dari Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencarian) merupakan suatu taktik atau strategi untuk mengoptimalkan ...

SEO sebagai kependekan dari Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencarian) merupakan suatu taktik atau strategi untuk mengoptimalkan sebuah blog atau situs tertentu. Strategi SEO pun bermacam-macam, salah satu yang hingga kini masih dapat diandalkan yakni penggunaan backlink. Apa itu backlink?

Backlink dari katanya saja sudah bisa diartikan "tautan kembali", yang berarti backlink adalah tautan dari suatu situs yang mengarahkan kembali ke halaman situs kita. Dalam praktiknya, kita bisa bertindak sebagai pemberi backlink bagi situs lain dengan memasang tautan di situs kita yang mengarah ke situs tersebut atau pun bisa juga menjadi penerima backlink ketika ada situs yang memasang link untuk mengarahkan ke situs kita.

Pengaruh backlink cukup signifikan dalam SEO, karena backlink dapat mempengaruhi kredibilitas hingga visibilitas atau ranking situs kamu di mesin pencari. Hal ini tentu secara tidak langsung juga akan berdampak pada semakin tingginya peluang datangnya traffic ke situs kamu tersebut.Namun, tidak semua backlink bisa memberikan dampak yang signifikan.

Dibutuhkan backlink berkualitas agar situs kita bisa mendapat peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari. Memangnya apa itu backlink berkualitas? Dan bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas tersebut?

Backlink berkualitas harus memenuhi beberapa karakteristik di bawah ini:

  • Domain authority

Backlink tersebut berasal dari situs dengan Domain Authority yang tinggi, memiliki peringkat yang baik di mesin pencari dan memiliki banyak referring domain.

  • Relevansi

Backlink yang berkualitas berasal dari situs yang memiliki topik dan niche yang serupa dengan laman atau situs kamu.

  • Unik

Backlink yang berasal dari sebuah situs yang menautkan banyak link ke banyak domain lainnya akan dianggap kurang unik dan berharga daripada backlink dari situs yang hanya memiliki beberapa outgoing links.

  • Traffic

Backlink tersebut berasal dari situs dengan pembaca yang aktif, paparan media sosial yang baik dan jumlah pengunjung yang tinggi.

  • Anchor text

Backlink dengan anchor text yang sesuai dengan target keyword kamu dianggap memiliki kualitas yang lebih baik. Adanya korelasi antara anchor text dengan kata kunci tersebut dapat memengaruhi peringkat target keyword kamu tersebut.

  • Do-follow link

Backlink berupa dofollow link dapat membantu kamu meningkatkan page rank, mendapatkan lebih banyak poin SEO dan meningkatkan link juice yang membuat situs kamu memiliki peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari.

Sebaliknya backlink berupa nofollow link tidak terlalu membantu kamu karena tidak memiliki nilai SEO sama sekali, sebab ada tag HTML “nofollow” pada link tersebut yang memberi tanda bagi search engines untuk mengabaikan laman tersebut

COMMENTS

Name

BMKG,1,Guru,3,Industry 4.0,1,Kompetensi,1,OSIS,1,pendidikan,4,RPP,1,Siswa,1,smk letris indonesia,7,struktur organisasi,1,Tips,2,vocabulary,1,
ltr
item
Blog Pendidik | SMK Letris Indonesia: Pengaruh Backlink terhadap SEO
Pengaruh Backlink terhadap SEO
Blog Pendidik | SMK Letris Indonesia
https://blog.abdulharis.com/2020/09/pengaruh-backlink-terhadap-seo.html
https://blog.abdulharis.com/
https://blog.abdulharis.com/
https://blog.abdulharis.com/2020/09/pengaruh-backlink-terhadap-seo.html
true
961733882637294132
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL REKOMENDASI LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content